Rabu, 15 Oktober 2014

Tentang Ilmu dan Teknologi Pangan

Ilmu dan teknologi pangan adalah mata pelajaran yang penting untuk memahami bagaimana suatu jenis makanan itu dibuat dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Manusia hidup dari makanan, oleh karena itu, sebenarnya ilmu seperti ini telah dipelajari dan diteliti sejak jaman dahulu, akan tetapi baru-baru ini baru diangkat menjadi bidang akademis yang berdiri sendiri.
Pada jaman kuno dulu, ilmu pangan hanya diajarkan kepada kaum wanita. Sekarang ilmu ini bisa dipelajari oleh kaum wanita dan pria. Mereka harus bertanggung jawab akan kualitas makanan yang diproduksi dengan menjamin kandungan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut agar sehat untuk dikonsumsi.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda penasaran dengan bagaimana makanan diproduksi? Apakah Anda sangat mementingkan kualitas makanan? Apakah Anda selalu memperhatikan kandungan gizi makanan sebelum mengkonsumsinya? Jika demikian, Anda boleh coba mendalami ilmu dan teknologi pangan.
Penilaian untuk jurusan ini diambil dari tugas-tugas dan laporan tertulis. Selain itu nilai ujian juga akan mempengaruhi hasil akhir Anda. Kadang proses pembelajaran juga akan melibatkan kegiatan-kegiatan praktek supaya Anda mengenal lebih dekat mengenai bagaimana makanan diproduksi.

PROSPEK KERJA

Industri Pangan merupakan salah satu industri terbesar di Inggris. Oleh karena itu ada banyak lowongan kerja yang tersedia di bidang ini. Para lulusan bisa mencari kerja di bidang pengembangan produk pangan, atau pun di bidang PR yang mengurus promosi makanan dan nutrisi.
Belakangan ini, Inggris diresahkan dengan tingginya kasus obesitas. Oleh karena itu banyak departemen pemerintah yang memperkerjakan para lulusan dari ilmu pangan untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat bagi generasi muda. Bila Anda melanjutkan ke Program Pasca Sarjana dan mempunyai kualifikasi PGCE (Post Graduate Certificate of Education), Anda bisa mencoba karir di bidang pendidikan atau menjadi seorang ahli diet.
Banyak juga para lulusan yang bekerja di bidang perhotelan, katering dan industri hiburan sebagai manajer kualitas dan pembeli ritel.

PROSES PERKULIAHAN

Kebanyakan Program Sarjana mengharuskan para calon mahasiswa untuk memiliki nilai paling tidak 3 nilai A. Lama kuliah akan berlangsung sekitar 3 hingga 4 tahun. Teori mengenai pengan akan diajarkan di kelas kuliah, dan akan didiskusikan lebih lanjut di kelas tutorial dan seminar. Setelah memahami teori, Anda akan mengimpalntasikan teori tersebut untuk kegiatan praktek di laboratorium. Dan di tahun ketiga, Anda akan diharuskan untuk menyelesaikan proyek individu ataupun mengambil penempatan kerja.
Untuk mendaftar ke Program Pascasarjana, Anda harus menamatkan Program Pascasarjana terlebih dahulu, dan beberapa universitas menghendaki Anda untuk memiliki pengalaman kerja di bidang terkait sebelum memulai kuliah. Program Pascasarjana akan berlangsung sekitar 1 tahun.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu Anda perlu mengetahui seberapa baik hubungan kerja sama universitas Anda dengan industri kuliner. Biasanya universitas-universitas ternama mempunyai jaringan kerja yang kuat dengan industri kuliner. Tujuannya adalah untuk mempermudah para mahasiswa mereka untuk mendapatkan pengalaman kerja dan sekaligus meningkatkan reputasi universitas tersebut.
Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan cukup banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.
Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.
Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar